Rabu, 24 April 2013

Port Mouse

MOUSE PORT 
Mouse port (colokan mouse) berfungsi untuk menghubungkan atau mengkoneksikan mouse ke PC (personal computer). Mouse port juga bertugas menyuplai asupan voltase ke mouse.
Ada 3 jenis mouse port yang populer digunakan pada PC.
PS / 2 interface dan protokol
Dengan kedatangan IBM PS/2 seri komputer pribadi-pada tahun 1987, IBM memperkenalkan eponymous / 2 interface PS untuk tikus dan keyboard, produsen lain yang diadopsi dengan cepat. Yang terlihat perubahan terbanyak adalah penggunaan bulat 6-pin mini-DIN , sebagai pengganti dari 5-pin konektor mantan. Dalam modus default (disebut mode) PS / 2 mouse berkomunikasi gerak, dan negara bagian masing-masing tombol, dengan cara-byte paket 3. Untuk setiap gerakan tombol tekan, atau peristiwa lepaskan tombol, PS / 2 mouse mengirim, melalui port serial bi-directional, urutan tiga byte, dengan format sebagai berikut:

Bit 7 Bit 6 Bit 5 Bit 4 Bit 3 Bit 2 Bit 1 Bit 0
Byte 1 YV XV YS XS 1 MB RB LB
Byte 2 X gerakan
Byte 3 Y gerakan
Di sini, XS dan YS merupakan bit tanda dari gerakan vektor, XV dan YV mengindikasikan adanya overflow dalam komponen vektor masing-masing, dan LB, MB dan RB menunjukkan status kiri, tengah dan kanan tombol mouse (1 = ditekan). PS / 2 mouse juga memahami beberapa perintah untuk mengatur ulang dan self-test, beralih antara modus operasi yang berbeda, dan mengubah resolusi vektor gerak dilaporkan.
Di Linux, PS / 2 mouse terdeteksi sebagai / dev / psaux perangkat.
A  mengandalkan perpanjangan / 2 protokol PS: yang IMPS / 2 atau IMPS / 2 protokol (singkatan menggabungkan konsep “IntelliMouse” dan “PS / 2″). Awalnya beroperasi di standar PS / 2 format, untuk kompatibilitas mundur. Setelah tuan rumah mengirimkan sebuah perintah khusus, itu beralih ke format diperpanjang di mana suatu byte keempat membawa informasi tentang gerakan roda. IntelliMouse Explorer bekerja secara analog, dengan perbedaan bahwa 4-byte paket yang juga memungkinkan untuk dua tombol tambahan (untuk total lima).
The mouse Typhoon menggunakan 6-byte paket yang dapat muncul sebagai urutan dua standar-byte paket 3, seperti biasa bahwa PS / 2 bisa menangani mereka.
Mouse vendor juga menggunakan format diperpanjang lainnya, seringkali tanpa menyediakan dokumentasi publik.
Untuk 3-D (atau 6-derajat-of-kebebasan) input, vendor telah membuat banyak ekstensi baik untuk perangkat keras dan perangkat lunak.Pada akhir 90-an ultrasound Logitech dibuat pelacakan berbasis 3D yang memberikan masukan ke akurasi beberapa milimeter, yang bekerja dengan baik sebagai perangkat input tapi gagal sebagai produk menguntungkan. Pada tahun 2008, Motion4U memperkenalkan “nya OptiBurst” sistem menggunakan pelacakan inframerah untuk digunakan sebagai Maya (perangkat lunak grafis) plugin.
Yang PS / 2 Konektor digunakan untuk menghubungkan beberapa keyboard dan mouse ke PC kompatibel dengan sistem komputer. Namanya berasal dari IBM Personal System / 2 rangkaian komputer pribadi, yang telah diperkenalkan pada tahun 1987. Yang PS / 2 mouse Konektor umumnya menggantikan tua DE-9 RS-232 “serial mouse” konektor, sementara keyboard konektor diganti dengan yang lebih besar 5-pin DIN yang digunakan dalam IBM PC / AT desain. Yang PS / 2 mouse dan keyboard antarmuka yang mirip elektrik dan mempekerjakan protokol komunikasi yang sama. Namun, suatu sistem keyboard dan mouse port mungkin tidak yg dpt sejak dua perangkat yang berbeda menggunakan sekumpulan perintah. Mengikuti rilis USB keyboard, PS / 2 keyboard dan mouse menjadi kurang populer.

Gambar1.1 port PS/2

USB

Industri-standar USB protokol dan konektor yang telah menjadi secara luas digunakan untuk mouse; itu saat ini antara jenis yang paling populer.
Universal Serial Bus (USB) : Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik.
Selamat tinggal port paralel dan serial yang lamban, kini jamannya Universal Serial Bus (USB). Lebih cepat, lebih kuat dan lebih fleksibel serta benar-benar berazaskan Plug and Play (bukan lagi Plug and Pray). Bahkan USB versi 2.0 yang baru saja dikeluarkan mampu memberikan tingkat kinerja dan kecepatan yang sebanding dengan bus berkecepatan tinggi semacam IEEE 1394. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang USB:
Lebih cepat dibanding port paralel atau serial dengan kecepatan transfer hingga 12 mbps (bahkan untuk versi terbaru, bisa mencapai kecepatan 480 mbps!)
Dapat mengkoneksikan hingga 127 periferal
Diterima secara luas, baik dari sisi hardware, software (baca: sistem operasi), ataupun pengguna
Membutuhkan Windows 98 ke atas untuk kompatibilitas secara penuh

Gambar 1.2 port USB
Jika dibandingkan dengan parallel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya. Konektivitas antara PC (Personal Computer) dengan perangkat USB dihubungkan dengan kabel khusus. Sebuah kabel berisi empat buah kawat menghubungkan periferal ke PC melalui port USB yang terdapat pada keduanya. Di dalam kabel tersebut, dua kawat akan menangani transmisi data, sebuah lagi menangani ground dan sebuah lagi memasok daya sebesar lima volt ke peripheral.

nirkabel atau Wireless

Tanpa kabel atau nirkabel mouse mengirim data melalui inframerah radiasi (lihat IrDa ) atau radio. penerima terhubung ke komputer melalui port serial atau USB. Penerima nano baru dirancang untuk menjadi cukup kecil untuk tetap terhubung dalam sebuah laptop atau komputer notebook selama transportasi.
http://fujhyzhu.wordpress.com/2010/01/17/macam-macam-port-pc/
http://andhikadoni.wordpress.com/2009/08/

0 komentar:

Posting Komentar